Treasures Woman Conference, day 2/ 2013/ UNSHAKEABLE

TWC hari ke-2

SESSION 1
—————–
Angela Rachmat – it’s not an option

Ketakutan yg terbesar ci angel dari dulu adalah: melahirkan anak & berbicara kepada org.
Bahkan berbicara pada 1 org aja pun dia takut, apalagi pada banyak org, seperti pada saat ini di TWC (saat ini ada 1.500 org peserta + suaminya + julia abell + lisa bevere + volunteers yg melayani). Setelah sekian tahun, inilah pertama kalinya dia mau jadi pembicara, dan takutnya setengah mati.

Bagaimana caranya kita bisa berdiri kuat di tengah dunia yg bergoncang?

Sebab itu, perhatikanlah baik-baik cara hidupmu. Jangan hidup seperti orang-orang bodoh; hiduplah seperti orang-orang bijak. Gunakanlah sebaik-baiknya setiap kesempatan yang ada padamu, karena masa ini adalah masa yang jahat. Jangan bodoh, tetapi selidikilah apa yang dikehendaki Tuhan. (Ef 5:15-17 BIMK)

Masalah semakin menantang hari2 ini dan tekanan makin berat.
tekanan yang kita alami bisa berupa sakit penyakit, pelecehan, ketakutan, dll… yang pada akhirnya makin lama dapat membuat hidup kita semakin kering. Karena, di dalam tekanan, kekuatan yg kita miliki difokuskan utk : bertahan, utk survive.

Walau mungkin kita sendiri ga sedang mengalami tekanan pada saat ini, namun apabila kita buka mata dan telinga lebar2, org2 di sekeliling kita banyak yg menangis dan sedang meminta tolong. Andaikata saja kita ngga sibuk memikirkan diri sendiri, apabila kita sedang tidak dalam pergumulan, marilah kita menolong mereka.

“Menjudge org itu mudah, lebih butuh keberanian utk bisa peduli dan mau menolong org lain.” Jadilah bijak

Goncangan akan datang dalam hidup kita tidak peduli kita suka atau ga suka, siap apa ga siap, kapan aja, dimana aja.
Bisa berupa banyaknya tuntutan yg minta perhatian dlm waktu yg bersamaan, anak, pekerjaan, suami. Serasa diri kita ditarik ke segala arah, dan diharapkan dapat memberikan hasil yg excellent.
Apalagi yg single mother, it’s not an easy life untuk menjadi seorang mother sekaligus provider.
Kita ga mungkin bisa bertahan sendirian, the problem is too big to handle klo sendirian, saat kita memusatkan semua tenaga utk survive dan menjadi lelah, relationship kita akan mati.

Bagaimanapun, tanpa kesulitan kita juga ngga bisa jd apa2 dan ga bisa memenangkan apa2. Untuk berkembang kita butuh tantangan. Kalo tanpa tantangan, jadinya we live but we have no power. Hasilnya adl wanita yg manja, dan lemah.

What to do when your world is shaking??

Pernah dulu waktu Jakarta gempa, ci angel takut bgt karena dia tinggal di lt 37.
Pas keluar dr apartemen yg kepikir hanyalah “save yourself”.
saat kita dlm tekanan, sangat mudah utk berpikir save yourself. Kenapa kita mesti peduli sama kehidupan org lain?

Tante yanti (mamanya ps Alvi Radjagukguk) uda 2x kena cancer. sekali aja rasanya udah sakit bgt, apalagi harus ngerasain 2x, harus dichemo segala.
Namun walau dia usianya uda tua, yg kita bisa pelajari dari tante adalah, dia ga pernah menyerah. Saat dikunjungi di RS dia tetep memuji Tuhan, memperkatakan berkat dalam kehidupannya. Bahkan di tengah kesakitannya, ada temen yg ngga tau klo dia lagi sakit, nelp minta tante minta doain utk penyakit yg lagi dialami, tante Yanti yang sedang cancer mendoakan temennya ini. Di dalam goncangan yang ia sedang rasakan sendiri, hatinya bisa memuji Tuhan dan memberkati orang lain. Dahsyat.

apa yg seharusnya kita lakukan saat dunia kita sedang bergoncang?

#1. Do something and dont make excuses
Lakukan sesuatu klo kita sedang dalam masalah. Diam saja akan membuat masalah lebih besar, suara makin keras, dan keadaan makin menakutkan.

Bangkit! Perjuangkan masa depanmu. Dont make excuses. Be stronger than ur regret and excuses. Sulit bagi kita untuk maju kalau liatnya ke belakang terus.
Masa depan kita ada di depan. Kebaskan debu, dan majulah ke depan.
Menangislah kalau kau ingin menangis, tp menangislah sambil tetap maju. Tabur benih terus, tabur terus, dengan kekuatan yg seadanya aja pd saat itu. Ga usah dengan kekuatan yg besar sekali klo emg sedang dalam tekanan, dengan seadanya, tetap maju selangkah demi selangkah.

Comparing is not the way.
Menyesali keadaan bukanlah jalannya.

“Doing what we can do + trusting God for what we can not do = the way to better days”

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. (Filipi 4:13 TB)
–> Kuncinya bukan kita, tapi di kata “Dia”. CHRIST yg akan memampukan. Klo kita lakukan dengan kekuatan Tuhan, maka saat kita berhasil melaluinya, kita akan kembalikan ke Tuhan jg, kita ga akan menjadi sombong melainkan memuji Tuhan kembali utk pertolongan dan kekuatan yang datang dari Dia.

#2. Dont fear & know that God is with you
It’s ok untuk takut, panik, kuatir, tapi bukan berarti kita harus berespon berdasarkan ketakutan itu.

misalnya :
saking paniknya dan kuatirnya orang bisa jadi teriak2, atau jadi nangis2 ngga jelas, respon/kelakuannya jd aneh.

Ada juga org yg hidupnya penuh diisi kekuatiran, semua dikuatirin. mikirnya jadi negatif mulu, mikir suami gimana nantinya, anak gimana nantinya. bahkan klo kita deket2 dia, jadinya ketepa ikutan kuatir.

“Apakah hidup perlu dikuatirkan? Ngga. Hidup harus dijalani.”

Kuatir atau ga kuatir, ngga akan mengubah apa2. Jalani aja.
Kayak sekarang ci angel, takutnya setengah mati kotbah di depan saat ini kalau mikir ada 1500 org di twc, tapi jalani aja. Hidup harus dijalani dan bukan dikuatirkan.

“Taklukkanlah rasa takut, atau rasa takut yg akan menaklukkan hidup kita.”
rasa takut akan mendikter pikiran kita kemudian dan menjadikan tindakan kita.

janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. (Yesaya 41:10 TB)

Stop bertanya, ‘why God engkau ijinkan?’ Stop lari dari Tuhan,
bilang : I know that U are with me, bersama dengan Engkau aku bisa melewati semua, aku percaya bahwa Engkau baik dan Engkau akan melakukan perkara2 untuk menyelamatkan aku.

Diperlukan iman saat kita melihat kesulitan itu rasanya begitu besar dan mengerikan. Diperlukan iman u tuk mengijinkan percaya Tuhan yg kontrol atas diri kita.

Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya.” Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup. (Ibrani 10:38, 39 TB)

“When we do what is right, not what is easy, God will support us with His unlimited power.”

Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? (Roma 8:31 TB)

#3. Dont give up & focus on Jesus
Menyerah berarti melepaskan pengharapanmu dan mengijinkan keadaan menguasai kita

2 hal yg dapat membuat seseorang akhirnya menyerah:
a. Lelah
Adalah situasi saat problem uda ngga terasa menakutkan lagi, namun attitude kita uda menjadi “whatever”. Kita mulai berpikir tidak usah berusaha lagi, tidak akan ada perubahan dan Tuhan toh ga akan menyelamatkan aku, hasilnya sama terus, semangat uda pudar, kita uda ga mendesak maju.
Sebaliknya, kita mulai melihat ke belakang, seperti israel “coba kita masi di mesir, walau jd budak tapi hidupnya enak”

Realitanya adalah : Life is Hard, hidup itu keras, tapi kita harus lebih kuat drpd hidup ini.

Jauh lebih mudah utk menyerah drpd berjuang. Kekuatan ngga akan bisa diperoleh saat kita nyerah, kekuatan hanya datang saat kita mau FIGHT.

“Dont quit. Suffer now and live the rest of your life as a CHAMPION” – Muhammad Ali

Klo kita menyerah, kita akan bisa melewati semua penderitaan ini, tapi kemudian kita akan menjalani hidup kita dengan mental seperti ‘loser’.

Sayang klo kita menyerah, jangan2 tinggal 1 langkah lagi.
Firman Tuhan mengatakan bahwa : Pengharapan kita tidak sia2, Tuhan memberi upah kepada orang yang sungguh2 mencari Dia.

Kalau kamu tidak sungguh-sungguh percaya kepada-Ku, pasti kamu tak dapat bertahan.” (Yesaya 7:9b BIMK)

b. Fokus yg teralihkan

Sebab kami tidak memperhatikan hal-hal yang kelihatan, melainkan yang tidak kelihatan. Yang kelihatan hanya tahan sementara, tetapi yang tidak kelihatan itu kekal sampai selama-lamanya. (2 Korintus 4:18 BIMK)

Jangan salah fokus! Lihatlah ke atas. Ke Tuhan Yesus, Dia sumber kita. Sumber pengharapan, sumber pertolongan, sumber kemenangan.

Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa. (Ibrani 12:2, 3 TB)

Saat kita lagi lemah dan putus asa, ingat Tuhan Yesus, apa yg Dia alami untuk menebus kita? Semua pengorbanan Dia. Yesus tidak menyerah.

#4. Dont isolate urself from Godly people & church
Klo lagi kesulitan, secara naluru kita akan cenderung memisahkan diri.

Sikap kita seharusnya : jangan mengunci diri, kita hanya perlu satu org yang tepat untuk kita datangi dan terbuka.
Jangan juga mengumbar ke semua org, karena ada org2 yg cuma mau mendengar, ada yg mau membantu, ada juga yg hanya mau bergossip.

Dua orang yang bepergian bersama dapat menangkis serangan, tapi orang yang sendirian mudah dikalahkan. Tiga utas tali yang dijalin menjadi satu, sulit diputuskan. (Pengkhotbah 4:12 BIMK)

Bersama2 kita menjadi lebih kuat.
Klo kita merasa sendiri aja cukup, artinya kita berpikir bahwa kita lebih pintar daripada Tuhan.
Cara iblis memang begitu, dari jarang2 ke gereja, akhirnya jadi kebiasaan, akhirnya ga pergi lagi.

Saudara-saudara sudah menerima Kristus Yesus sebagai Tuhan. Sebab itu hendaklah kalian hidup bersatu dengan Dia, dan berakar di dalam Dia. Hendaklah kalian membangun hidupmu dengan Kristus sebagai dasarnya. Hendaklah kalian makin percaya kepada Kristus, menurut apa yang sudah diajarkan kepadamu. Dan hendaklah hatimu meluap-luap dengan ucapan terima kasih. (Kolose 2:6, 7 BIMK)

Bagaimana kita bisa fokus ke Yesus klo kita ga sungguh2 mengenal Yesus?
Saat terjadi goncangan, kita hanya bisa tenang kalau kita tau dan percaya bahwa Yesus adalah solid rock, fondasi yg kokoh.

Unshakeable woman bukanlah berarti seorang wanita yg ngga mengalami goncangan, tapi seorang wanita yang ngga menyerah, yang ngga membiarkan rasa takut menguasai hidupnya, yang didesak dari segala arah tp ngga hancur, yang dibangun di atas dasar yg kokoh, kakinya berdiri disana dan matanya tertuju pada sumber keselamatannya.

Menjadi wanita yg lemah di tengah goncangan dunia : it’s not an option

Seperti Daud berkata : aku ga akan mati, aku akan hidup, untuk mencritakan perbuatan2 Tuhan dalam hidupku.

Klo kita jatuh cinta pada Yesus, kita akan mau maju dan melakukan hal yg kita takutkan.

#Beauty is not from the eye of the beholder but from the hands of the creator.

SESSION 2
——————
Julia Abell

Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?” Jawab Yesus: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti. (Matius 13:10-13 TB)

terkadang kita melakukan sesuatu berdasarkan sudut pandang kita sendiri, namun cara pandang Allah lebih luas dan jauh berbeda dengan manusia. Kacamata Allah berbeda dengan kacamata kita.

Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal. (2 Korintus 4:18 TB)

For we fix our attention, not on things that are seen, but on things that are unseen. What can be seen lasts only for a time, but what cannot be seen lasts forever. (2 Corinthians 4:18 GNT)

Walau apa yg di depan kita terlihat buruk, cancer, atau sakit apapun. Tapi nama Yesus di atas segalanya. atau mungkin kita memiliki penyakit keturunan yg bagi kita sudah diterima dgn pasrah, yg katanya memang akan melekat sampai kita tua/mati, kita harus melihat dari sudut pandang Allah, bukan pandangan kita sendiri.
Bagi Allah penyakit itu kecil.
Seperti kalau kita melihat dan membandingkan bulan di langit dengan jempol tangan kita, besarnya sama. Bulan bisa ditutup pakai jempol kita.
Cara pandang Allah dibandingkan masalah keluarga kita, masalah keuangan kita, masalah relationship kita, Allah melihatnya kecil sekali.

Tetapi berfirmanlah Tuhan kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati.” (1 Samuel 16:7 TB)
—> Allah tidak melihat seperti engkau melihat. The Lord judges the heart.

Kita perlu belajar utk melihat bukan cuma sampai cassing aja, tp sampai ke hati. Belajar utk berpikir yang benar, yang positif ke org lain, ke suami kita, penerimaan kita pada org lain berdampak besar sekali.

Apa yg ada di dalam hatimu itulah yg akan keluar di mulutmu. Choose to speak life to your life, to your church. Gereja kita penuh dengan org2 yg ngga sempurna, termasuk diri kita, namun regardless.. Tuhan tetap pakai diri kita. Kalo secara formulir, kita semua ga masuk persyaratan, namun Allah melihat kedalaman hati dan keinginan yg sederhana utk melayani. Krn ga peduli berapa harga yg harus dibayar, keinginan dan seruan hati kita yg kuat utk melayani itulah yg Tuhan liat. Dan hasil yg beyond our wildest dreams itulah yg bagian Tuhan siapkan utk kita. Yg Tuhan liat saat liat kita adalah Putri2Nya.

See the way He sees u. Saat kita mulai melihat dgn cara Tuhan melihat, kita sendiri juga akan berubah, org2 akan menyadarinya.

1. Keep your eyes open for God’s presence

Keep your eyes open for God, watch for his works; be alert for signs of his presence. (Psalm 105:4 MSG)

HadiratNya ada dimana2. mari cari hadirat Tuhan kemanapun kita pergi, seringkali yg perlu kita lakukan hanyalah buka mata lebih lebar, be alert to His presence wherever we go, saat ke supermarket, saat lagi bersih2 rumah, punya rasa lapar akan hadiratNya.

2. Keep your eyes open to the needs of others

bagaimana cara Tuhan melihat org2 di sekeliling kita. Misalnya begitu banyak org miskin di jakarta, terkadang hati kita sudah menjadi terbiasa melihat semua hal itu.

Jawab Yesus: “Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati. Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali. Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?” Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!” (Lukas 10:30-37 TB)

–> Orang Samaria ini melihat dengan mata Yesus dan timbul belas kasihan kepada org tsb. Padahal dia ga kenal sama sekali. Tunjukkanlah mercy pada dunia. Seringkali kita harus memutar hati kita dari needs, hanyut akan kebutuhannya sendiri, kepada compassion. We cant do everything, but we can so something. Setidaknya kita bisa berdoa, dan bertanya pada Tuhan, apa yg bisa kita lakukan?

Atau kita bisa imam dalam kisah tsb.. Kita melihat kebutuhan dan nyebrang jalan terus dari jauh.

3. Keep your eyes open to see the lost

Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya. (Yohanes 4:34 TB)

Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai. Sekarang juga penuai telah menerima upahnya dan ia mengumpulkan buah untuk hidup yang kekal, sehingga penabur dan penuai sama-sama bersukacita. Sebab dalam hal ini benarlah peribahasa: Yang seorang menabur dan yang lain menuai. Aku mengutus kamu untuk menuai apa yang tidak kamu usahakan; orang-orang lain berusaha dan kamu datang memetik hasil usaha mereka.” (Yohanes 4:35-38 TB)

Org2 yg belum kenal Tuhan ga akan mengerti kalau kita ngga ngasi tau mereka.
banyak domba2 yg belum punya gembala, kita tau gembalanya siapa.

Gift makes a way for the giver. Open our eyes and see dgn cara Tuhan melihat, dan berkati org2 yg ingin Tuhan berkati lewat kita.

WORKSHOP SELF GROOMING
————————————–
Mia Radjagukguk – fearless & fabulous

Kita sbg wanita harus kuat, dlm artian bukan ngga merasa takut sama sekali, melainkan menjadi wanita yang menolak untuk terjebak dalam rasa takut, dan mau maju.

Mia radjagukguk tumbuh sebagai anak yg pemalu, ga percaya diri dan ga berani ngomong sama org. bahkan nyapa org baru aja ngga berani. bahkan nyapa spg KFC untuk pesen makanan aja ngga berani.

Namun, Keajaiban Tuhan adl : saat ketika kita mau keluar dari zona nyaman dan apa yg kita takutkan, saat itulah Tuhan bisa lakukan hal yg ajaib.

Cara pandang Tuhan thd diri kita :

1. How God sees us
ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. (Kejadian 2:7 TB)

Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.
Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian.
Berfirmanlah Allah: “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar.” Dan jadilah demikian. (Kejadian 1:3, 11, 24 TB)

Tuhan bisa ciptakan semua itu dengan 1 kata, the power of His word is so powerful.
Sebenernya Tuhan bisa ciptakan manusia jg dengan hanya 1 kata juga sebenernya…
Tapi yg dilakukan, “Tuhan membentuk pakai tanganNya” dan “menghembuskan nafasNya”
Jadi perlakukan Tuhan ke manusia berbeda, istimewa.

Saat Tuhan ciptakan hawa lebih istimewa lagi, 2x proses, proses pertama dari adam, lalu proses kedua saat diambil dari tulang rusuknya lagi. Wanita diciptakan dengan proses yg luar biasa.

Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” (Kejadian 1:26 TB)

Namun realita yg terjadi adalah : manusia adl manusia yg paling sering ngalami krisis percaya diri/identity.

Macan & beruang ngga pernah krisis percaya diri, ga pernah krisis pede, ga pernah galau.
Yg paling sering galau adl manusia, pdhl manusia diciptakan segambar dengan Allah.

Engkau menciptakan setiap bagian badanku, dan membentuk aku dalam rahim ibuku. Aku memuji Engkau sebab aku sangat luar biasa! Segala perbuatan-Mu ajaib dan mengagumkan, aku benar-benar menyadarinya. (Mazmur 139:13, 14 BIMK)

Apakah kita pernah bilang : “Tuhan, aku memuji Engkau, krn aku luar biasa!”…?

Tp yg sering kita bilang malah: Tuhan mengapa aku pendek? Tuhan mengapa aku ga seputih dia? Kenapa timbangan ini ngga bersahabat? Kenapa aku kok jelek di kaca?

klo misal kita ngga mengerti hal ini, kita akan mencoba memperbaiki diri dengan operasi, mulai dari operasi hidung, bibir, dagu, semuanya satu2 dioperasi.

2. How we see ourself
Apakah yg kita lihat di kaca?
Apakah bayangan yang kita liat adalah putri raja? Ataukah jgn2 liatnya kok aku jelek, kenapa aku diputus pacar (siapa yg bilang dunia ini adil? mia radjagukguk pernah diputus pacar lewat email)

kacanya ngga salah, tapi cara pandang kita yg mesti dibenerin, karena cara pandang kita bisa aja salah
Contoh:
– bisa aja seorg wanita secara real kurussss banget, tapi dia bilangnya dia gemuk banget.
– atau jgn2 bentuk tubuh kita standar, tp org bilang kalau kita gembrot.

Jd pointnya adl : setiap org bisa ngomong apa aja, kita bisa salah menilai diri kita sendiri, atau orang lain juga bisa salah menilai kita. Namun, kalau kita tau identity kita, kita ngga akan terganggu dengan kata2 itu.

Yg terpenting adalah penerimaan diri kita, akan mempengaruhi bagaimana kita melihat dan memperlakukan diri kita.

bahasa tubuh kita mengkomunikasikan pesan sesuai dengan apa yg kita pikirkan. kalau kita jarang bilang diri kita cantik, ga heran org2 jarang bilang kita cantik.

Misalnya klo kita pakai baju yg cantik, seksi, ada tatapan2 yg ga nyaman dari org lain, akhirnya jd ga nyaman, tarik sana tarik sini, malah ga jadi ga percaya diri.
Pesan yg kita kirimkan ke org juga pasti hal yg sama. Org akan melihat klo kita ga nyaman.
Jd perhatikan bagaimana kita berpenampilan, klo ampe mata2 memandang dan kita yakin dengan keputusan kita, ya biarkanlah. Klo kita ngga nyaman, ya jangan pakai sekalian.

Klo dari dalam diri kita ga yakin dengan apa yg kita kenakan, mo brand apa kek yg kita pakai, ga akan keliatan menarik.

Seberapa kita tau ttg bentuk tubuh kita? Kita perlu tau supaya bisa milih pakaian yg benar
Misal:
Warna terang, banyak detail –> untuk membuat bentuk terlihat lebih lebar
Rok simple, jangan ruffle —> untuk membuat bentuk terlihat lebih mempersempit

How well do you know your feeling?
Kadang2 wanita itu pintar menyembunyikan perasaan.
Are u happy or u pretending to be happy?
Cari taulah perasaan kita bagaimana sebenarnya, dan putuskan utk tidak terlarut disana.

Manusia melihat rupa, tetapi Aku melihat hati.” (1 Samuel 16:7 BIMK)
Tuhan memang melihat hati, tapi suami di rumah kan masi manusia.. Jd perlu dihibur, ngga bisa dikasi liat daster terus.

Jd selama kita masi manusia, normal mau ga mau dimanapun, kapanpun, mau org itu sangat sangat rohani banget sekalipun, dia tetaplah manusia.
seorang manusia yang ternyata masi punya pendapat dan impresi thd kita, mereka akan liat penampilan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Normal.
Ya, memang Tuhan melihat hati, tapi org depan kita melihat apa yg kita pakai.

3. How others see us? Berkat apa kutuk

Apa yg keluar dari mulut kita?
“Hi, apa kabar? Kok tambah gemuk. Kamu sebenernya kurus loh, asal berdiri di balik pohon.” 😀

Atau mungkin kita memuji orang lain, tp ngga keluar dr hati, cuma basa basi supaya sopan.
Atau abis dipuji ngelak, mau merendahkan diri di atas bukit. Sama kurang baiknya.

Jadi, mulai hr ini kalo dipuji bilang : “makasih ya”, tanpa penjelasan apapun

klo muji ga usah pakai perbandingan : hari ini cantik ya (artinya kemarin jelek? :))

Be updated & relevant, banyak wawasan biar tau macem2. Baca koran, liat internet. Jd saat bercakap2 dengan orang bisa nyambung.

Be open minded, supaya ga gampang sakit hati.

Be yourself and be you, kemukakan apa yg kamu mau.

berkat/kutuk juga ditentukan dr penampilan.

Tau basic knowledge dalam berfashion, misal:
-Celana ketat pake yg dalaman yg seamless. Celana putih, jgn pakai dalaman gambar2.
-Celana yg rendah, pakai tank top yg panjang.

Hati2 berpakaian, Tuhan melihat hati tapi manusia melihat rupa.

Org lain ktika melihat diri kita, 10-30dtk pertama yg dilihat cara berpakaian, bahasa tubuh, pede ga, menyenangkan ngga.

Bahkan saat jaman ester pun, disiapkan sedemikian lama, supaya raja menoleh ke dia.
Kekuatan ester pada saat itu adl kecantikannya, dia memberikan influence kepada raja2. Wanita single akan bisa membuat cowo2 menoleh dengan penampilan & karakter dia.

“We are free to choose what we wear, but we will also get the benefits or consequences from what we choose.”

Balance adalah : beautiful inside out.

Diawali dari dalam, mengerti identitas kita bagaimana Tuhan melihat kita, cantik, spesial, berharga. “aku memuji Engkau Tuhan karena aku luar biasa. ” lalu keluar.

Balance juga berarti: self confident without being pride. being well groomed without being obsessed with your looks. being content without being greedy (merasa cukup dengan apa yg kita punya, ga banding2in apa yg orang lain punya tp saya ga punya)

Fearless bukan berarti ga pernah takut, namun tetap bisa merasa takut, hanya bedanya berani mengakui rasa takut tsb.

Being fearless means mengerti rasa takut kita, tapi tau juga kelebihan kita dan tau Bapa kita siapa.

Takut krn malu, minder, makes us less willing to try new things, new look.

“If you avoid rejection, u avoid opportunity, if u cant handle rejection, u limit ur possibilities for success.” (Paul Scanlon)

Jangan takut, melainkan kita coba aja, kalo misal dengan merubah penampilan akhirnya ngga bikin kita nyaman, atau berpenampilan ngga sesuai dgn umur, dan jangan juga keluar dari orisinalitas kita, atau memaksakan beli yg mahal dengan mencicil, tapi cicilan ga selesai2.

“Make peace with yourself, acknowledge and accept your fear, knowing who you are and whose you are, be a blessing with the way you dress.”
Tau cara berpenampilan dan berprilaku sesuai dengan dirinya, jati dirinya, krn tau dia ciptaan siapa dan untuk apa.

Simple basic manners:
– klo mau touch up jangan di meja makan, di kamar kecil
– Klo mau negur orang lain, liat dulu kedekatannya gimana. Klo ga seberapa kenal. Kasi saran aja ajak beli bareng, be nice.

Tanya jawab:
1. Identity:
Proses : mengapa sih saya malu? Apa yg salah dari diri saya sebenernya? Klo dicari tau2 ga ada.
Butuh komunitas yg sehat : yg terima kita apa adanya. Bukan lingkungan yg terima kita klo pake baju branded, buku tabungan bersaldo banyak, dll. Yg meyakinkan diri kita bahwa kita ini spesial, istimewa, krn kata2 membangun memulihkan hati yg terluka.

2. Bgmn cara jaga impresi tp ga sampe jadi jaim, tetep jadi diri sendiri?
Jaim itu ga negatif. Jdi Negatif klo jaga imagenya palsu pura2. Tapi klo jaga image karena ngerti etika itu bagus. Be otentik, klo suka celana, ngga suka rok, ya uda gpp, jadi diri sendiri, jgn krn saking pgn dipuji org, cape ntar jdny. Sopan, berpakaian tau waktu, tau usia.

SESSION 3
———————
Lisa bevere- living by the power of the Words of God

“I’m stunning, I’m sexy, I’m dangerous and fully awake”

Lioness arising adalah berbicara mengenai kebangkitan. Pada session ke-3 ini kita akan berbicara mengenai Be a girl with a sword.

Anggar adalah satu2nya olahrga wanita yg bisa setingkat dgn pria, krn dalam bermain anggar yang dibutuhkan adalah: intuisi, endurance & strategy.
Dan ini semua adl kelebihan yang dimiliki oleh wanita.

anggar adl salah satu olahraga dimna gender wanita jago/mahir, di amerika banyak pelatih anggar yang adalah wanita.

Ada cerita dimana seorang Pelatih wanita menyuruh murid prianya untuk berlatih dengan cara: Ngaca sambil memegang anggarnya dan berkata : “on guard!”
Namun si murid ini berpikir itu tindakan sia2. Masa sih latihan dengan cara ngaca?
Saat akhir minggu si murid ini di test oleh gurunya. Saat memperagakan gerakan on guard tsb, sang guru langsung tau klo si murid ngga latihan. Knp?
Inti dari latihan ini adalah: bagaimana dengan hanya melihat penampakanmu memegang anggar tsb saja, hanya dengan first impresi saya lawanmu bisa langsung jatuh mentalnya saat melihat kita. Inilah gunanya latihan mengaca.
Intinya adl: kita ga boleh meremehkan apa yg musuh liat dari penampilan kita sebagai opponentnya.

Tuhan menanti2 kumpulan anak Tuhan yg berkaca pada Firman Tuhan dan menjadi pelaku Firman dan bukan saja mendengar. Karena apabila kita tidak membuka Firman, kita akan lupa identitas kita.

Pertarungan kita bukanlah mimpi tok, tapi realitas.

Pd hari dimana kita lahir baru, Tuhan telah menandai dia. Jd org kristen artinya adl menjadi “yang diurapi” bukan sekedar menunggu mati masuk surga. Saat kita di “mark” oleh Tuhan, musuh juga akan “mark” kita.

Kita bisa berjalan di dunia pada saat ini, tapi bagian kita pada saat ini ataupun nanti adalah di surga.
Jadi, suka atau tidak suka kita berada dalam battle pada saat ini.

He said, “This is different. Get ready for trouble. Look to what you’ll need; there are difficult times ahead. Pawn your coat and get a sword. What was written in Scripture, ‘He was lumped in with the criminals,’ gets its final meaning in me. Everything written about me is now coming to a conclusion.” They said, “Look, Master, two swords!” But he said, “Enough of that; no more sword talk!” (Luke 22:36-38 MSG)
—> pedang lebih penting daripada jubah

Firman Tuhan adalah pedang Roh.
Salib juga adalah seperti pedang yg sedang ditancap di tanah. Salib adalah pedang Tuhan dimana dia mematikan perpecahan antara manusia dan surga.

Yesus adalah penggenapan dari segala janji Allah. kata Yesus, tidak ada senjata yg lebih ampuh drpd hidup yg diserahkan.

Kemudian Yesus berkata kepada pengikut-pengikut-Nya, “Orang yang mau mengikuti Aku, harus melupakan kepentingannya sendiri, memikul salibnya, dan terus mengikuti Aku. (Matius 16:24 BIMK)

Apa artinya memikul salib:
Dasar kekristenan : sangkal diri, pikul salib, ikuti aku

Lisa bevere pernah mengasakan kuis dengan melemparkan pertanyaan: What one word does the cross means to you? Jawabannya beragam : Love, redemtion, mercy, security, dll.

Roh Kudus bertanya pada Lisa: apa artinya memikul salib?
Apakah artinya Deny yourself is lay down your life/menyerahkan hidupmu?
Sacrifice yourself juga adl menyerahkan hidup. namun bukan, Tuhan ngga mau/ngga perlu pengorbanan kita, krn Dia uda berkorban buat kita. Bagian korban sudah diambil sama Tuhan semua.

Lalu Roh Kudus nanya lagi, where do you keep your cross Lisa? Berapa beratnya, bagaimana kamu tau kamu lagi pikul apa ngga? Apa ketinggalan di rumah atau sedang kamu bawa?
Pikul salib adalah perintah.

Roh Kudus terus mendesak, sampai akhirnya Lisa mengetahui arti salib tsb :
salib itu adalah semua yg diberikan Yesus pada kita, namanya, otoritasnya, kedudukan di maha tinggi, sudut pandangnya, salib sama sekali bukan pengorbanan kita. Namun salib adalah hadiah dari Yesus utk kita.

Salib Itulah yg bisa kita bawa ke dunia.
Kehidupan yg kita punya sekarang adl dari Dia, inilah yg kita bawa kepada dunia.
Keselamatan, kelegaan, sukacita karena kemenangan dan pengampunan, inilah kabar baik yang kita bisa bawa ke dunia.

Iblis ga akan ijinkan Yesus mati dan disalib kalau dia tau rahasia ini.

Apakah iblis ga tau yesus akan dibangkitkan? iblis tau banget, karena Yesus bolak balik bilang kok, makanya kuburannya dijaga tentara.

Yesus pernah berkata mengenai pemilik ladang anggur, setiap utusan yg dikirim dibunuh, lalu saat Anak dikirim, dibunuh juga, para penyewa ladang berpikir bahwa kalau anak dibunuh mereka akan mewarisi ladang tsb. Inilah yang iblis pikirkan. Dengan membunuh Anak, mereka pikir mereka akan mewarisi ladang tsb.

para penyewa salah, bukannya mendapat warisan, namun merekalah menjadi warisannya.
Kita seharusnya bertindak seperti umat pemenang.

If you only look at us, you might well miss the brightness. We carry this precious Message around in the unadorned clay pots of our ordinary lives. (2 Corinthians 4:7MSG)

Kita membawa pedang bukan utk menyakiti org lain, tp utk membebaskan org lain dari tawanan. Untuk memotong chain2 yang mengikat hidup orang lain.

Seperti seorang ksatria yang menaruh pedangnya di tanah saat mau diberikan sesuatu yang berharga/diurapi.
Kita menyerahkan pedang kita dan meletakkannya di tanah, untuk diberikan sesuatu yang lebih besar/kuat.

Kesaksian:
Lisa dibesarkan di keluarga yg ngga percaya Tuhan, dia lahir baru umur 21. Dan baru menemukan arti hidupnya. Dia melayani sejak itu, minggu pagi, minggu malam, rabu malam.
Dalam semua pertemuan ini, ada seorg yg menyamperi dia dan berkata : kalau hidupmu tidak sebegitu menariknya sampai keluargamu tidak terselamatkan, artinya kamu belum siap utk melayani. Lisa langsung berpikir mengenai ayahnya yang masi belum bertobat.

Lisa & johan mengundang ayah lisa ke gereja mereka, ada pendoa yg telah mengurapi kursinya dengan minyak, ada pendoa2 yang doain dari balik ruangan, pastor juga ditelah diberi pesan untuk terus melakukan eye contact ke ayahnya sepanjang ibadah.
saat dia undang semua org altar call, papanya berkata : i will go to hell, and u will go there too. Ga ada indikasi sedikitpun hati papanya melembut.

Lisa pegang tangan papanya, dan mau ajak ke depan. Tapi papanya malah ngoceh2 dan keluar dari gereja utk ngerokok.

Lisa ga menyerah, dia telp semua gereja di orlando kasi no telp papanya. semua org nyamperin rumah papanya, papanya marah. lalu lisa berpuasa, doa sepanjang malam dlm roh sampai ketiduran, baca alkitab berlutut, sepanjang malam terus seperti itu. Nungguin telp, siapa tau ada kecelakaan atau apa yg papanya bakal nelp sadar butuh keselamatan.
Dia berpikir siapa tau rencana Tuhan ayahnya kecelakaan dan baru berpikir kalau dia butuh doa keselamatan.

Di terus lakukan sampai Roh Kudus berkata “stop it” “i love your father more than you love him, give him to me”, kata Tuhan.

And they said, Believe on the Lord Jesus Christ, and thou shalt be saved, and thy house. (Acts 16:31 KJV)

Tuhan lalu berkata pada Lisa : “Trust the Lord and stop being weird”. ”
“Kasihi dia dan perlakukan dia seperti dia pria yg kau harapkan dia akan menjadi”

Setelah anak Lisa lahir pun ngga membuat ayahnya menjadi deket dengan keluarga Lisa. Tiap ketemu kakeknya, dia selalu ngucapinnya hal2 negatif, dan sedang mabuk. Sampai lisa dan john selalu berdoa patahkan kutuk itu setiap cucu2 ini baru bertemu dengan kakeknya. Cape banget kalo ketemu dia.

Suatu ketika pas mereka kunjungi ayah Lisa, uda nyetir 3 jam jauh banget cape2 dengan membawa 3 orang anak lelaki abg dan seorang bayi di gendongan. dicari2 di apartemen ayahnya ngga ada. Hanya ada surat buat lisa tertulis “i change my mind, i dont want to see u”. Anak2nya kecewa.

lisa malu banget punya papa kayak gt. Lisa lalu nangis2, anaknya liat mamanya nangis sampai coba hibur dia. Dia denger lagu hillsong yg syairnya “you are the father to the fatherless” dia nangis lagi, krn dia punya bapak, tapi papanya ga mau dia.

Tapi pada saat itu, yg dia rasa dalam roh malah Tuhan lagi ketawa ngakak.
dia marah2 sama Tuhan, kok ngga appropriate banget aku lagi sedih direject sama papanya kok malah Tuhan ketawa2?

Tuhan bilang “karena apa yg kamu anggap rejection, bagi Aku adalah adoption.”
“Saat kamu uda ditinggal sama ayahmu, kamu bisa datang padaKu, ga akan ada lagi yg akan memisahkan kita. Kalau john bisa cari ayahnya, kamu punya Aku, lisa”

setelah itu lisa merasa lega, hanya Tuhan yg bisa berikan sukacita seperti itu. Walaupun dia tetap mau perlu ayah aslinya.

Beberapa lama setelah itu papanya menderita dimentia, suka pikun lupa2 orang karena kebanyakan alcohol pada masa mudanya. saat suatu hari Lisa mau mengunjungi ayahnya di pusat perawatan, anak tertuanya mau ikut lisa, dan berkata “aku selalu punya iman kalau kakek akan bertobat kalau uda liat aku sekarang besarnya uda jadi seperti ini”

Mereka lalu ke pusat kesehatan, pas liat foto Edison (anak lisa tsb) umur 2 th sedang main basket sama dia (kakeknya), dia nunjuk foto Edison di foto dan edison yg sekarang sudah besar. Lalu lisa mulai berdoa, apa yg harus dikatakan pada ayahnya yg uda mau masuk neraka.

Kata Tuhan “tell him that he is a good dad”
lisa ngga mau ngomong hal itu. kata lisa protes ke Tuhan, “tapi dia bukan ayah yg baik, bohong dong!”
Kata Tuhan “dia sudah berusaha menjadi seorang ayah yang baik sebisa dia yg dia tau”.

Lisa ga mau ngomong, tapi kalo Tuhan suruh sesuatu, dia akan taruh di meja dan biarkan walau kita ga mau gerak. Sampai kita mau bergerak ikut jalan Dia.

Lisa akhirnya nurut. lalu dia berkata “dad, you are a good dad”.

Saat itu juga ayahnya mulai nangis dengan air mata yg terus mengalir, dan ia berkata “thank you”.

Dan saat dia berkata “thank you” anak laki2nya bergerak maju dan langsung taruh tangannya di pundaknya dan mendoakan ayahnya keselamatan, memindahkan dia dari kerjaan kegelapan ke kerajaan Tuhan. Ayahnya nangis terus saat didoakan keselamatan.

Pas sorenya dia mau pulang, lagi ngurus2 administrasi RS. papanya tau2nya uda linglung, uda ga kenal siapa2, mereka hanya punya jeda waktu yg singkat tersebut tadi.

Seorang pekerja sosial berkata kemudian setelah ayahnya meninggal, bahwa sejak saat itu, ayahnya yg pernah nyolong mobil rumah sakit, pernah mukulin pasien lain, tp sejak saat itu ayahnya seperti malaikat. Lisa sadar pada saat dia berkata “you are a good dad”, surga terbuka dan ada harapan bagi dia.

“Before I put a sword in your hand I want to be sure no blade remains in yout heart….”

God loves the unloving and the unlovely, sama seperti saat kita belum mengasihi dia.
The only thing that will never fail is love. Kita bisa judge org dan juga bisa love dia.

We can be from a daughter of rejection jd pembawa pemulihan/healing.
Awal kisah kita mungkin tidak indah, tapi akhir cerita telah ditulis oleh Tuhan.

20130923-071949.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s