Gambar Diri yang Sehat

What do you see? -Ps Jose
Tema bulan ini : gambar diri yg sehat

Kita tidak bisa otomatis menjadi sehat, kita harus kejar kesehatan itu. Kesehatan adl sesuatu yg hrs diusahakan, dan mempertahankan kesehatan adl suatu hal yg lain lagi.

Kita ga bs mempertahankan kesehatan, kec kita melakukan sesuatu. Sama halnya dgn kesehatan gambar diri. Kalau kita belum punya, kita hrs mengejar utk memperolehnya. Klo uda punya harus bisa mempertahankan. Klo sudah bisa mempertahankan, kita bantu org2 yg belum punya gambar diri yg sehat.

segala akar permasalahan apa aja, konflik dlm pernikahan, konflik anta teman, dll biasanya adl dimulai dari : self image/ konsep gambar diri.

Bagian dr self concept:
1. Self image
–> bgmn kita melihat diri kita sendiri?
2. Self esteem/hrga diri
–> apakah saya nyaman dgn diri sendiri, apakah kita menghargai diri kita sendiri?
3. Self worth
–> how do i value myself. Apakah saya layak?

Pembahasan:
1. Self image
Banyak masalah muncul dari gambar diri.
Gambar diri dipengaruhi oleh 3 hal:
-apa yg org katakan ttg diri kita
Contoh: sipit lu. N kita percaya kita sipit
-apa yg kita katakan tentang diri kita
Contoh: sipit lu. N kita berkata, ah ngga ini korean look! 😀
Krn ps Jose butuh 40 thn untuk bisa nyaman dgn dirinya sendiri, dia ga pede dgn matanya yg terlalu sipit
-apa yg Tuhan katakan.

Kalau masi kecil kita ga punya pilihan utk menentukan apa yg org katakan pada kita. Kita kebanyakan mempercayai apa yg org katakan sama kita.
Misal: org tua berkata “bodoh lu”
Yg menjadi masalah adl saat anak kecil terus mempercayai hal ini dan terus sampai tua menjadikan hal ini gambar dirinya.
–> Tapi setelah besar, kita semua punya pilihan utk memilih apa yg kita percayai. Ini kuncinya: ga semua org menggunakan kemampuan utk memilih. Shg dia terkungkung dalam batasan yg terciptakan oleh perkataan yg org2 katakan pada dirinya. Misal : dikatain ceking, item, gendut, negro, banci.

Kita ga punya pilihan utk masa lalu dan perkataan org2 pada kita. Tapi kita harus punya opini sendiri. Banyak org yg tumbuh besar terus dgn gambar diri rusak yg dia percayai.

Dunia sekuler bisa mengajarkan kita utk self denial. Tp bukan ini intinya. Kita harus lebih percaya kepada perkataan Tuhan.

Roma 12:3
3) Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Amos 7:14-15
(14) Jawab Amos kepada Amazia: “Aku ini bukan nabi dan aku ini tidak termasuk golongan nabi, melainkan aku ini seorang peternak dan pemungut buah ara hutan. (15) Tetapi TUHAN mengambil aku dari pekerjaan menggiring kambing domba, dan TUHAN berfirman kepadaku: Pergilah, bernubuatlah terhadap umat-Ku Israel.
–>amos liat dirinya sebagai peternak, Tuhan liat dirinya sebagai nabi. Beda sekali gambar diri yg dia sendiri liat and Tuhan liat

Kel 3:1111) Tetapi Musa berkata kepada Allah: “Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?”
–>musa terus berargumentasi dgn Tuhan, berat lidah dll

Adl lebih penting mendengar apa yg Tuhan katakan mengenai kita, bahkan daripada diri kita sendiri mengatakan apa ttg diri kita.

Kesombongan dan kerendahan diri muncul dari masa lalu kita. Misalnya Ibu Hanna sampai skrg ga tau siapa org tua kandungnya. Tp masa lalu dia ga ada pengaruhnya, krn yg lebih penting adl Apa yg Tuhan katakan ttg dia.

Org mungkin mengata2i banci dan pada akhirnya shg punya masalah sekaual. tapi pertanyaan yang paling penting adl “siapakah kamu yg sebenarnya”, kita ga harus jd apa yg org katakan ttg kita.

2. Self esteem
ada anak yg gambar dirinya rusak krn diperkosa oleh org tuanya sendiri.
Kita butuh org2 yg jujur sama Allah dan sama kita, krn Tuhan jg pakai org2 lain utk menegur dan juga mensupport kita, shg kita punya gambar diri yg benar ttg kita sendiri.

3. Kita akan memvalue diri kita sendiri saat kita tau bahwa kita dikasihi
1 yoh 3:1
(1) Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.

–>kita adalah:
ANAK2 ALLAH 🙂

Saat Tuhan ciptakan manusia, dan jatuh dalam dosa, manusia kehilangan gambar diri dia.
Seorg anak kecil yg disakiti, bisa tumbuh besar menjadi manusia yang lebih buas dan jahat drpd binatang.
Tp hanya kasih Tuhan aja yg bisa menyembuhkan manusia, sehingga dia bisa memiliki kembali gambar diri yang sehat.

20130926-111938.jpg

20130926-111958.jpg

20130926-112025.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s