iman dan kebijaksanaan yang dari Allah

We see things as we are

Yak 3:13-18
Hikmat yang dari atas

(13) Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan. (14) Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran! (15) Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan. (16) Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat. (17) Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik. (18) Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.

(13) Who is a wise man and endued with knowledge among you? let him shew out of a good conversation his works with meekness of wisdom. (14) But if ye have bitter envying and strife in your hearts, glory not, and lie not against the truth. (15) This wisdom descendeth not from above, but is earthly, sensual, devilish. (16) For where envying and strife is, there is confusion and every evil work. (17) But the wisdom that is from above is first pure, then peaceable, gentle, and easy to be intreated, full of mercy and good fruits, without partiality, and without hypocrisy. (18) And the fruit of righteousness is sown in peace of them that make peace.

Iman dan kebijaksanaan dari Tuhan itu bisa keliatan.
Kebijaksanaan kompaknya sama humbleness (kerendahan hati).
humble : siap diajar oleh FT, siap melakukan apa yg disuruh oleh FT.
Klo humble pasti damai dgn semua org.

Krn utk melayani dan memikirkan org lain dan minta Tuhan pakai aku itu butuh humbleness.

Dimana ada humbleness ada keteraturan dan kedamaian.

Setan jg bisa ngasi kebijaksanaan.
perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran! (15) Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan
Buah2nya:
iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.

Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik
Murni: hidup secara moral benar
Ini semua adl hasil dari kerendahan hati. Ga peduli status, krn punya hikmat dr Tuhan dan punya hati mau belajar dari org lain.

Lawannya: iri hati, kepahitan, mau menang sendiri, dll

Org yg menabur damai akan menerima buah kebenaran.
Klo org itu damai/peace maka di dalamnya kebenaran akan tumbuh subur. Klo yg idupnya ga damai masi bingung antara bener apa ngga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s