Loving the Words

Loving the Words.

Ps Alvi
Ul 6:5-6
(5) Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. (6) Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan,
–>klo mengasihi Tuhan, kita akan mengasihi FirmanNya.
Sulit mengasihi pribadi Dia yg tidak terlihat, apabila alkitab yg tertulis terlihat aja kita ga mengasihi.

Ada org kristen yg nyarinya nubuatan tok. Nyarinya nubuatan tok, pdhl Tuhan lebih suka bicara sama kita langsung.
We read the bible the way we are bukan the way it is.
Dimasa galau semua firman rasanya deket, pada musim kering kita mgkn ga merasakan apa2, ayat yg sama mungkin akan berasa berbeda pd musim yg sama.

Krn itu baca aja, simpan aja FT itu, pada waktu kita perlu, kita bisa ingat firman itu.

Klo buka hadiah tanpa baca kartu ucapan, itu seperti kita mau terima berkat dan ga peduli isi hatinya.

Cara mencintai FT:
-Alkitab ditulis utk kepentingan kita bukan utk membebani kita.
Langit dan bumi akan berlalu tapi perkataanKu ga akan berlalu.
Iman dan pengharapan kita bisa lenyap, cinta mula-mula kita bisa hilang di tengah jalan. FT lah yg seharusnya kita patri di hati kita.
2 tim 3:16
(16) Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Utk tegur dan betulkan yg salah.
Krn manusia sering salah, sering jatuh, ga mo bangkit lagi, utk ga playing God, krn dr jaman adam mns pakai kehendak bebas utk puaskan diri

2 tim 3: 1717) Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi dengan sempurna untuk setiap perbuatan baik.
–> klo ga ada rasa kasih akan FT, pandangan kita akan selalu salah thd hidup. Krn kita ga tau hrs berbuat apa dlm kehidupan. Alkitab itu adl manual kita. Kita akan berkata i’m a victim of life, pdhl kata Tuhan you are more than a conquorer.

1 kor 4:20 BIS
20Karena kalau Allah memerintah hidup seseorang, hal itu dibuktikan oleh kekuatan hidup orang itu, bukan oleh kata-katanya

Saat Allah memerintah kehidupan seseorg sbg Raja, hal itu dibuktikan dgn kekuatan hidup org itu bukan oleh kata2nya (hidupnya stabil, ga ababil)
–> kehidupan boleh lempar apa aja, tp semua itu aku percaya adalah yg terbaik utk rencanaNya dlm hidup saya.
Tough times do not last forever, tough people do

– kita perlu bertekun dalam Firman Tuhan, selidiki lagi dan lagi dan lagi.
Terkadang hanya kepada org yg mencari yg akan menemukan, hanya kepada org yg mengetok pintu yg akan menemukan. Hanya kepada org yg bertekun yg bisa mengerti dan menggali Firmannya, krn apabila itu didapat dgn susah payah biasanya lama bisa diingatnya.

Yak 1:23-25
(23) Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. (24) Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya. (25) Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.

Meneliti+bertekun+melakukan FT = berbahagia.

Klo kita uda bisa mengerti satu trus kita akan semakin cinta dan bersemangat utk belajar dan memacu diri utk menekuni dan taat lg.

taat itu ga menyenangkan. Tp kalo kita bertekun kita akan menemukan.

-submit dan apply
Ib 4:12(12) Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.
–> itulah yg terjadi sehingga kita bs dpt pencerahan. Tuhan ga pernah menuduh kita dgn FT, itu pekerjaan iblis. Tuhan memberi pencerahan seperti pedang bermata dua.

Yak 1:22(22) Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.

Saat kita melakukan FT, perasaan dan kehendak kita dan rencana kita sedang diselaraskan dgn FT, sehingga hati kita lembut, walau Kita maunya B dan bukan A.
Pada waktuNya Tuhan akan buktikan upah dari ketaatan kita.
To understand why, we just need to submit and apply
Kita akan liat dampaknya yg luar biasa, saat kita berhasil di fase itu, kita akan lihat janjinya.

Yoh 15:7
(7) Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Kehendaki bukan butuhkan, knp?
I yoh 2:5
(5) Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.

Jika FT tinggal dalam kita dan kita submit and apply, what do you want, try Me kata Tuhan?
Kita ga akan minta yg aneh2 krn kita uda selaras dgn perkataan Tuhan.

20130925-082921.jpg

20130925-083020.jpg

20130925-083143.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s