Glorious Ruins – Brian Houston

Glorious Ruins – Brian Houston

Dengar, para gembala meratap! Sebab kemegahan mereka sudah dirusakkan. Dengar, singa-singa mengaum! Sebab sudah dirusakkan kebanggaan sungai Yordan. (Zakharia 11:3 TB)

Glorious Ruins :
Apa yg diciptakan Tuhan utk keagungannya, yaitu kita yg diciptakan dgn wonderfully and fearfully.
Ini berbicara mengenai kita, mungkin reputasi kita lagi dalam kehancuran, kehancuran dalam keuangan, atau mimpi yg sedang dalam keadaan hancur. atau suatu yg jahat terjadi dalam relationship mu.
Tapi dlm Yesus, semua yg hancur itu dibangun & bangkit kembali dalam the Beauty of His name.

Kisah yg palin dahsyat mengenai glorious ruins adl Yesus sendiri,yg meninggalkan Bapa dan surga untuk mengosongkan diri dan disiksa. Saat Yesus sedang mengalami kehancuran, dan pengharapan murid2nya sedang dlm kehancuran, masyarakat sedang putus asa krn nubuatan ttg mesias sedang dlm kehancuran, puji Tuhan, Tuhan bangkitkan.
Through Jesus Christ segala macam ruins akan come to life! Semua bisa dibangkitkan kembali.

Ezra 9:9
Karena sungguhpun kami menjadi budak, tetapi di dalam perbudakan itu kami tidak ditinggalkan Allah kami. Ia membuat kami disayangi oleh raja-raja negeri Persia, sehingga kami mendapat kelegaan untuk membangun rumah Allah kami dan menegakkan kembali reruntuhannya, dan diberi tembok pelindung di Yehuda dan di Yerusalem. (Ezra 9:9 TB)

Dalam Perjanjian Lama repair the ruins bukan hanya fisik bangunan tapi ttg hadirat Allah.

3 hal agar kebangkitan itu dapat terus terjadi dalam area apapun dlm kehidupan kita:
1. Kuasa puji2an
Pada waktu dasar Bait Suci Tuhan diletakkan oleh tukang-tukang bangunan, maka tampillah para imam dengan memakai pakaian jabatan dan membawa nafiri, dan orang-orang Lewi, bani Asaf, dengan membawa ceracap, untuk memuji-muji Tuhan, menurut petunjuk Daud, raja Israel. Secara berbalas-balasan mereka menyanyikan bagi Tuhan nyanyian pujian dan syukur: “Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya kepada Israel!” Dan seluruh umat bersorak-sorai dengan nyaring sambil memuji-muji Tuhan, oleh karena dasar rumah Tuhan telah diletakkan. (Ezra 3:10, 11 TB)

–>Saat fondasi diletakkan mereka memuji2 Tuhan dengan nyaring. Pujian gampang diberikan setelah mukjijat terjadi. Tapi puji2an di ayat ini dinyanyikan sebelum ruins dibangun. Pada ayat2 sebelumnya dinyatakan bahwa mereka banyak mengalami discouragement, tantangan2, masalah, penderitaan.
Ini adalah waktu2 yang terbaik, mulailah memuji Tuhan!

inilah bedanya Musa dan Israel. Org israel mulai komplen dan bersungut2 kalau ada masalah, tp Musa justru memilih untuk memuji Tuhan. Dia berkata “Kaulah yg akan berperang bagi kami.” setelah terjadi mukjijat dan dilepaskan dari masalah barulah bangsa israel mulai memuji2 Tuhan.

mustahil kita bisa tetap negatif apabila kita memuji Tuhan. Mulailah memuji Dia drpd kepala pusing memikirkan masalah, taruh ipod di telinga puji Dia dalam masalah kita.
Karena pujian membangkitkan reruntuhan kita

Saat lazarus mati, “Yesus tergerak oleh belas kasihan. Salah satu ayat terpendek di Alkitab “Jesus wept”.
Martha berkata lazarus sudah mati 4hr. Orang2 mulai berkumpul… Namun yang Yesus lakukan adalah :
Mengucap syukur.

Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. (Yohanes 11:41 TB)

Musa memuji Tuhan sebelum membelah laut merah, petrus memuji Tuhan di penjara.

Mari kita belajar seperti Yesus : mulailah memuji Tuhan sebelum ruins dihidupkan. Karena pujian naik ke surga.

2. Kuasa nubuatan/prophetic
Para tua-tua orang Yahudi melanjutkan pembangunan itu dengan lancar digerakkan oleh nubuat nabi Hagai dan nabi Zakharia bin Ido. Mereka menyelesaikan pembangunan menurut perintah Allah Israel dan menurut perintah Koresh, Darius dan Artahsasta, raja-raja negeri Persia. (Ezra 6:14 TB)
—>nabi Hagai dan zacharia

Melalui nubuatan, israel mendapat pengharapan, mata mereka melihat kebenaran dan harapan.

sesuai dengan janji yang telah Kuikat dengan kamu pada waktu kamu keluar dari Mesir. Dan Roh-Ku tetap tinggal di tengah-tengahmu. Janganlah takut! Sebab beginilah firman Tuhan semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat; Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman Tuhan semesta alam. Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman Tuhan semesta alam. Adapun Rumah ini, kemegahannya yang kemudian akan melebihi kemegahannya yang semula, firman Tuhan semesta alam, dan di tempat ini Aku akan memberi damai sejahtera, demikianlah firman Tuhan semesta alam.” (Hagai 2:6-10 TB)

—> Apa yg ada di depan kita lebih baik daripada apa yg ada di belakang kita.
Betapa luar biasanya saat nubuatan dikatakan oleh hamba Tuhan membawa kehidupan ke masa depan kita.

zacharia memperkatakan ttg kasih karunia. Gunung2 akan diruntuhkan.

3. Cintailah FT

Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat Tuhan dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel. (Ezra 7:10 TB)

Kemudian di sana, di tepi sungai Ahawa itu, aku memaklumkan puasa supaya kami merendahkan diri di hadapan Allah kami dan memohon kepada-Nya jalan yang aman bagi kami, bagi anak-anak kami dan segala harta benda kami. (Ezra 8:21 TB)

Ezra menuntun umat Tuhan untuk mencari jalan Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s