Raze and Restore – ps. Jose

Ps Jose – raze and restore
Change and replace part 2

Apa rewardnya dari sebenenarnya semua bad habit yg kita lakukan? Relaksasi, fellowship, rambut yg indah, kumpul2 temen, attention dipuji org (attention bisa didapat dgn harga yg lebih murah)

Tinggalkan cuenya : misal kecanduan pornografi pas lagi sendirian, ato ada gadget, kata sale dan up to 70%,

We destroy every proud obstacle that keeps people from knowing God. We capture their rebellious thoughts and teach them to obey Christ. (2 Korintus 10:5 TB)

We use God’s mighty weapons, not worldly weapons, to knock down the strongholds of human reasoning and to destroy false arguments. (2 Korintus 10:4 TB)

1. Pikiran
2. Pertentangan
3. Siasat
4. Benteng2

Kebiasaan tidak datang tiba2, krn itu tidak bisa dilenyapkan tiba2.

Benteng tdk terbentuk tiba2. Cara membongkar benteng sama dengan cara membangun benteng :
Polanya:
1. Pikiran,
2. pertentangan(belum tentu apa yg Tuhan katakan benar), 3.siasat(imagination bahwa jangan2 apa yg Tuhan katakan salah, mulai membayangkan—-> tapi lupa konsekuensinya, ga ada yg berdebat soal nikmatnya, tp ga ada yg ngomong soal konsekuensinya, dan ada yg jauh lebih nikmat dari itu),
4.benteng2.

Misal : lebih baik memberi daripada menerima. Memang menerima enak, tp ada yg lebih nikmat lagi saat kita memberi.

Hawa digoda iblis cm dengan dibuat bingung apakah benar2 Firman Tuhan itu salah apa ngga oleh iblis

Daud pas liat bathsheba ngga berdosa. Yang membuat dia jatuh krn dia melihat lagi dua kali dan menginginkan sesuatu yg bukan milik dia. Pasti pada saat itu dalam suara hatinya ada pertentangan, tapi suata hatinya kalah. Dan akhirnya dia membuat siasat utk ngirim suami org ke medan perang, akhirnya daud jd terjebak

Cara bangun benteng:
Kita ga bisa mengerti betapa efek memberi itu sukacitanya lebih besar drpd menerima, kita ga bisa mengerti betapa mengampuni dapat memberikan hati yg lebih lega dan tidur yg lebih nyenyak bagi kita.
Kita hrs terlebih dulu mengerti kebenarannya baru kita mau dgn rela melakukannya.
Setelah itu kita butuh komitmen utk melakukannya dengan rela dan terus menerus.

Kdg org setelah menerima konsekuensi jelek baru mau bertobat dan merubah habit. Klo kita tau itu adl sesuatu yg baik, force urself to do it! Iblis buat kita ragu2, mana mungkin nyebar harta bikin jd tambah kaya? Mana mungkin memberi bikin tambah kaya? Hemat kan pangkal kaya. Tp klo beberapa kali kita sudah lakukan dan kita mulai mengerti dan merasakan janji Tuhan dalam hidup kita…. Lama2 kita ga perlu memaksa diri lagi. Krn kita uda mengerti kebenarannya.
Beginilah cara merubah habit.
Force it—> Maintain it –> enjoy it

Mengampuni
Klo kita merasa mempertahankan lebih menguntungkan : kita ga akan melepaskan
Tp klo kita tau mengampuni itu lebih baik, kita akan coba dan terus mengampuni. Buatlah good habit sebanyak mungkin

Klo kita letih lesu—> jangan lari kemana2, cari hiburan dimana2, larilah ke Tuhan, dan Dia akan memberi kelegaan! Larilah kepada Tuhan sampai ketemu kelegaan!
Kalau perlu doa dan jangan keluar dari kamar, sampai ketemu kelegaan, bilang “ini janjiMu” “kau yang akan memberikan kelegaan”. Datang kepada Tuhan, sampai rasa takut itu pergi dan hilang.

Seumur hidupnya ps Jose lihat, ga pernah Tuhan lalai dan ingkar janjiNya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s